get app
inews
Aa Read Next : Pantai Ujunggenteng Sukabumi Bertabur Sampah, Warga Kesal Rusak Pos Retribusi

Geopark Ciletuh Terbaik di Dunia

Senin, 30 Mei 2022 | 10:34 WIB
header img
Tim Asesor Unesco Global Geopark (UGG) asal Jerman dan Austria, yakni Hening Zellmer dan Oliver Gulas Wohri bersama Wakil Bupati Sukabumi H Iyos Somantri. Foto: Pemkab Sukabumi.

 

SUKABUMI, iNews.id —Tim Asesor Unesco Global Geopark (UGG) asal Jerman  dan Austria telah melakukan Revalidasi Pertama Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp).

Asesor asal Jerman Hening Zellmer mengungkapkan, sebanyak 13 rekomendasi yang menjadi sasaran target penilaian di CPUGGp telah dilakukan dan hasilnya sangat bagus.

"Kesan yang sangat tidak terlupakan adalah waktu pelepasan penyu dan dua hari terakhir ini saya bertemu dengan orang-orang yang sangat ramah," kata Hening Zellmer, dilansir Pemkab Sukabumi.

Menurut dia, pengelolaan CPUGGp di Kabupaten Sukabumi sangat kolaboratif antara Pemerintah Daerah dengan pegiat wisata, petani dan pengembangan produk daerah regional.

"Waktu pengisian form memang pekerjaan yang berat namun banyak sekali hal positif dari bantuan pemerintah dan unsur lainnya," katanya.

Hening Zellmer menyebutkan, Geopark Ciletuh Palabuhanratu merupakan anggota yang sangat luar biasa dari Unesco Global Geopark.

Asesor asal Austria Oliver Gulas Wohri meminta agar pengelola Geopark Ciletuh Palabuhanratu dapat terus menjaga kualitasnya. "Geopark Palabuhanratu ini merupakan salah satu yang terbaik yang dapat dijadikan contoh bagi jejaring Unesco Global Geopark di Dunia," katanya.

Wakil Bupati Sukabumi H Iyos Somantri menyampaikan apresiasi atas kehadiran tim penilai Geopark Ciletuh ke Palabuhanratu yang telah menyelesaikan tugasnya untuk revalidasi Geopark Global Ciletuh Palabuhanratu UNESCO.

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut