get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Pawai Dongdang, Rayakan Hari Jadi Ke-152 Kabupaten Sukabumi

Bazar Kuliner Ramadhan Bikin Terkenal Produk UMKM Sukabumi

Selasa, 12 April 2022 | 10:00 WIB
header img
Bupati Sukabumi H Marwan Hamami membuka Bazar Cullinary Ramadhan 1443 Hijriah. Foto: Diskominfo Pemkab Sukabumi.

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id — Bupati Sukabumi H Marwan Hamami membuka Bazar Cullinary Ramadhan 1443 Hijriah. Pembukaan bazar tersebut, ditandai dengan membunyikan angklung yang merupakan alat musik tradisional Jawa Barat.

Bazar yang diselenggarakan Dinas Koperasi UKM bersama Dekranasda Kabupaten Sukabumi ini, dilaksanakan di area parkir Sukabumi Craft Center (Gerai Dekranasda) selama dua pekan hingga 24 April 2022 mendatang.

Bazar yang dimulai dari pukul 15.00-19.00 WIB menyajikan berbagai makanan khas ramadhan. Selain itu, terdapat berbagai perlombaan selama kegiatan berlangsung. Bahkan, ada iringan musik religi hingga santunan anak yatim.

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengatakan, kegiatan ini menjadi salah satu cara pemulihan ekonomi. Setelah Sukabumi dihantam dampak buruk pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir. "Saya bersyukur kegiatan ini bisa terlaksana kembali. Sehingga, bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi," kata Bupati Marwan.

Apalagi, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sukabumi di triwulan pertama berada di angka 3,4 persen. Hal ini meningkat jika dibandingkan awal terjadi pandemi covid 19 yang berada di -1,3 persen. "Makanya, kegiatan ini bisa dijadikan wahana untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Terutama dari sisi UMKM yang menjadi prioritas," ucapnya.

Selain itu, bazar ini dilakukan untuk memperkenalkan produk UMKM kuliner khas Sukabumi. "Lewat bazar ini, bisa menjembatani produk UMKM Sukabumi lebih dikenal masyarakat, Sehingga, rasa bangga terhadap produk dalam negeri bisa tertanam di masyarakat. Ini juga untuk memacu UMKM supaya lebih tergerak," katanya.

Ketua Dekranasda Kabupaten Sukabumi Hj. Yani Jatnika Marwan mengatakan, kegiatan dilakukan untuk mengenalkan keragaman kuliner Sukabumi. Selain itu, meningkatkan pendapatan pengrajin UMKM, khususnya di bidang kuliner. "Terima kasih pengrajin UMKM yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Totalnya, ada sekitar 34 stand yang ikut berpartisipasi," katanya.

Hj. Yani pun mengimbau masyarakat Kabupaten Sukabumi untuk hadir dan meramaikan bazar yang menampilkan kuliner  beraneka ragam. "Ngabuburit sambil menikmati berbagai ragam kuliner bisa kesini. Semoga kegiatan ini lancar, sukses hingga 24 April nanti," katanya.

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut