get app
inews
Aa Read Next : Ditetapkan Hari Ini, UMK Kota Sukabumi Lebih Rendah dari Upah Minimum Provinsi

Jabar Targetkan Kunjungan 40 Juta Wisatawan Lokal 

Rabu, 25 Mei 2022 | 18:41 WIB
header img
Pantai Karang Hawu, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. Foto: Istimewa.

"Ini menjadi pekerjaan rumah besar, bagaimana caranya wisatawan tidak membawa makanan sendiri, tapi membeli di warung sekitar. Namun dengan catatan pemilik warung jangan naikin harga seenaknya, sehingga harus ada standarisasi harga. Hal ini akan diduskusikan dengan Kabupaten/ Kota yang memiliki tempat wisata favorit," papar Benny. 

Benny menyebutkan, pada libur Lebaran 2022, rata-rata kunjungan wisatawan ke destinasi wisata di Jabar mencapai 84,7 persen dimana Pantai Pangandaran dan Kebun Raya Bogor menjadi destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi wisatwan lokal. Lebih lanjut Benny mengatakan, pihaknya menargetkan kunjungan wisatawan lokal ke Jabar dapat mencapai 40 juta wisatawan tahun ini setelah sempat merosot tajam selama dua tahun terakhir akibat pandemi.

"Pada 2019 ada 62 juta wisatawan, tahun 2020 turun menjadi 18 juta, kemudian tahun 2021 naik 28 juta, dan tahun 2022 ditargetkan kunjungan wisatawan lokal mencapai 40 juta orang," tegasnya. 

Menurutnya, animo wisatawan lokal untuk berwisata di Jabar relatif tinggi saat ini, terutama ke wilayah Jabar Selatan. Kondisi tersebut diharapkan mampu kembali menggairahkan sektor UMKM di tengah upaya pemilihan ekonomi saat ini. 

"Seiring penerapan protokol kesehatan, penyelenggara obyek wisata juga diharapkan mengikuti aturan PPKM berdasarkan zonasi yang ada dan pengelola hotel telah memenuhi ketentuan prokes," tandasnya. 
 

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut