get app
inews
Aa Read Next : Pantai Ujunggenteng Sukabumi Bertabur Sampah, Warga Kesal Rusak Pos Retribusi

Peringatan Hari Lahir Pancasila, Bangkit Bersama Bangun Peradaban Dunia

Rabu, 01 Juni 2022 | 11:28 WIB
header img
Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi H Iyos Somantri mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila. Foto: Pemkab Sukabumi.

 

SUKABUMI, iNews.id — Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi H Iyos Somantri  mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi). Upacara Hari Lahir Pancasila tingkat Nasional yang dilaksanakan di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) ini diikuti Wabup secara virtual dari Pendopo Sukabumi, Rabu (1/6/2022).

Peringatan Harlah Pancasila 2022 bertema "Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia".

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengungkapkan, Kota Ende dipilih karena memiliki sejarah kuat dengan kelahiran Pancasila, di Kota Ende Bapak pendiri bangsa, Bung Karno, merumuskan dan mengumumkan Pancasila yang kemudian disahkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) dan selanjutnya menjadi dasar negara Indonesia. 

"Saya mengajak anak-anak Bangsa untuk bersama-sama membumikan dan aktualisasikan Pancasila dalam kehidupan. Pancasila harus tegak di bumi Indonesia, sejarah membuktikan ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian Pancasila tetap tegak berdiri kokoh di negara Indonesia," kata Jokowi.

Masih dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, nilai-nilai luhur Pancasila harus dihadirkan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila harus terus menjadi nilai yang hidup dan bekerja dalam kehidupan. Nilai yang bekerja dalam kebijakan dan keputusan pemerintah. Nilai yang hidup terus bergelora dalam semangat rakyat Indonesia. 

"Peringatan hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, harus benar-benar kita manfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, dalam berbangsa, dan dalam bernegara" tegasnya.

Dilansir laman Pemkab Sukabumi, Usai mengikuti Upacara, Wabub Iyos mengatakan, hari lahirnya Pancasila merupakan momentum bagi kita untuk lebih memahami dan mengamalkan Pancasila.

"Sesuai dengan arahan Pak Presiden bahwa kita ini sebagai insan, sebagai abdi negara sebagai manusia Indonesia wajib dan harus memahami Pancasila dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari," katanya. Hadir dalam pelaksanaan upacara tersebut, Sekda Kabupaten Sukabumi, Forkopimda, Perangkat daerah dan unsur lainnya.

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut