Puluhan Rumah di Buton Diterjang Gelombang Tinggi Warga Dievakuasi Menggunakan Styrofoam

Andhy Eba
Petugas tengah mengevakuasi sejumlah warga yang rumahnya diterjang angin kencang dan gelombang tinggi dengan Styrofoam. Foto iNews TV/Andhy Eba

BUTON, iNewsSukabumi.id - Puluhan rumah warga di Desa Bahari Makmur, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) rusak akibat diterjang gelombang tinggi dan angin kencang yang terjadi, Sabtu malam hingga Minggu dini hari tadi. Dimana sebanyak 11 buah rumah di Desa Bahari Makmur hanyut tersapu gelombang tinggi. 

Kepala Pelaksana BPBD Buton Manafu mengatakan, belasan rumah yang terbuat dari kayu dan berada di atas laut di Kampung Bajau Desa Bahari Makmur  hanyut diterjang gelombang tinggi.

"Petugas telah mengevakuasi warga dengan menggunakan pelampung yang terbuat dari Styrofoam," kata Kepala Pelaksana BPBD Buton Manafu.

Akibat dari kejadian ini sebanyak 32 kepala keluarga harus mengungsi karena kehilangan tempat tinggal.

Agus salah satu warga  mengaku  tidak bisa menyelamatkan barang-barang miliknya. "Saya hanya bisa pasrah ketika rumah saya hanyut tersapu gelombang tinggi," kata dia, Minggu (25/12/2022). 

Warga yang terdampak kini telah diungsikan di sekolah  tidak jauh dari tempat tinggal mereka.

"Pihak BPBD juga telah membangun tenda darurat untuk digunakan oleh para pengungsi. Warga tetap diimbau untuk waspada karena berdasarkan informasi dari BMKG  cuaca buruk ini masih akan terjadi hingga 29 Desember mendatang," tandasnya
 

Editor : Suriya Mohamad Said

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network