2 Anggota TNI Polri Gugur Ditembak saat Amankan Shalat Tarawih, Kapendam: KST Tak Berprikemanusian

SM Said
Serda Riswar Prajurit TNI Koramil 1714-02/Ilu dan anggota Polsek Ilu Bripda Mesak Indey gugur ditembak OTK diduga KKB saat mengamankan sholat tarawih. Foto Pendam Cenderawasih

PUNCAK JAYA, iNewsSukabumi.id- Pasukan TNI Polri dari Koramil dan Polsek Ilu terus siaga menyusul serangan gerombolan Kelompok Separatis Teroris (KST) atau KKB Papua (Kelompok Kriminal Bersenjata) melancarkan aksi penembakan terhadap masyarakat dan TNI Polri yang sedang melaksanakan ibadah Tarawih  di depan Masjid Al Amaliah Ilu Kab Puncak Jaya, Sabtu (25/3/2023) pukul 20.00 WIT. Dimana akibat serangan tersebut Serda Riswar Prajurit TNI Koramil 1714-02/Ilu dan anggota Polsek Ilu Bripda Mesak Indey gugur. 

"Aksi penembakan ini diduga dilakukan KST berjumlah 2 (dua) orang, " kata Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman, Sabtu (26/3/2023).  

Kejadian penembakan di dekat salah satu kios milik warga Ilu tersebut, kata dia,  menambah rentetan aksi tidak berprikemanusiaan dari gerombolan KST di wilayah Puncak Jaya yang menyebabkan anggota TNI Polri gugur.
 
Seperti diketahui kejadian berawal saat masyarakat melaksanakan Ibadah Ramadhan shalat tarawih yang dibantu pengamanan oleh aparat Keamanan TNI Polri.

"Tiba-tiba sekitar pukul 20.00 WIT, dua orang KST menembak rentetan secara brutal ke arah masyarakat dan aparat TNI Polri yang sedang ibadah dan pengamanan Ibadah Ibadah Sholat Tarawih," jelas Kolonel Kav Herman.

Akibat aksi biadab ini, lanjut dia menjadi korban dua orang anggota TNI Polri gugur, yaitu Serda R (anggota Koramil 1714-02/Ilu) dan Bripda M (anggota Polsek Ilu).

"Kedua Korban sudah dievakuasi ke Makoramil 1714-02/Ilu. Saat ini pihak Koramil dan Polsek Ilu sedang siaga mengantisipasi serangan susulan dari KST," ungkap Kapendam XVII/Cenderawasih.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Papua Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan, penembakan tersebut dilakukan oleh dua orang OTK dengan menggunakan 1 (satu) pucuk senjata laras pendek dan satu (1) senjata laras panjang.

Kombes Benny menjelaskan, akibat penembakan tersebut 3 (tiga) personel TNI-Polri menjadi korban yakni dari anggota Koramil 1714-02/Ilu an Serda Riswar terkena luka tembak di tulang belakang dan dagu bagian bawah (meninggal dunia) dan anggota Polsek Ilu an Bripda Mesak Indey terkena luka tembak di bagian perut (meninggal dunia) dan an Brigpol M Arif Hidayat yang terkena luka tembak di bagian paha dalam keadaan sadar.

“Saat ini ketiga korban berada di Makoramil 1714-02 untuk sementara waktu dan sedang berusaha dihubungi keluarga korban,” jelas Kombes Benny.

Menurutnya, situasi saat ini di Kabupaten Puncak Jaya siaga satu, Kapolres dan seluruh anggota waspada dan mengantisipasi adanya serangan susulan terhadap anggota di lapangan.

“Polres Puncak Jaya saat ini sedang siaga satu dan melakukan pengejaran terhadap pelaku penembakan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri mengatakan akan menindak tegas pelaku kejahatan yang telah menewaskan anggotanya.

“Saya sudah perintahkan untuk anggota untuk menangkap dan menindak tegas pelaku penembakan tersebut,” tandas Kapolda Papua.

Editor : Suriya Mohamad Said

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network