Biografi KH Ahmad Sanusi, Ulama dan Pahlawan Nasional dari Sukabumi Berperan dalam Kemerdekaan RI

Hilda Yanti/Mg2
Biografi KH Ahmad Sanusi, ulama sekaligus pahlawan nasional dari Sukabumi. Foto: JabarProv

SUKABUMI, iNewsSukabumi.idBiografi KH Ahmad Sanusi, salah satu ulama sekaligus pahlawan nasional asal Sukabumi yang berperan penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia.

KH Ahmad Sanusi masuk ke dalam daftar satu dari lima tokoh yang dianugerahi gelar pahlawan nasional oleh pemerintah Indonesia pada tahun 2022. Ulama satu ini memiliki peran besar dalam kemerdekaan RI

Biografi KH Ahmad Sanusi

KH Ahmad Sanusi lahir pada tanggal 3 Muharram 1036 Hijriah atau 18 September 1889 menurut penanggalan Masehi. Beliau berasal dari Desa Cantayan, Desa Cantayan, Kecamatan Cantayan, Kabupaten Sukabumi. 

KH Ahmad Sanusi merupakan anak dari Ajengan Haji Sanusi, seorang ulama dan guru agama yang cukup terkenal di Sukabumi. Ia mempelajari ilmu-ilmu keislaman dari ia masih kanak-kanak dan juga banyak belajar dari para santri yang lebih tua di pesantren milik ayahnya.

Selama lebih dari 4 tahun, Ahmad Sanusi menjadi santri di berbagai daerah. Ia memutuskan kembali ke Sukabumi atas nasihat dari KH Suja`i dan diperintahkan untuk pergi ke Pesantren Babakan Selawi Sukabumi di bawah pimpinan Ajengan Affandi. Di pesantren tersebut, Ahmad Sanusi mengakhiri masa lajangnya dan ia menikah dengan Siti Djuwariyah.

Sekitar tahun 1910, Ahmad Sanusi dan istrinya berangkat ke Mekkah untuk melanjutkan belajar ilmu agama. Di Tanah Suci, beliau berguru kepada ulama-ulama besar seperti Shaikh Salih Bafadil, Shaikh Ali Maliki al-Tayyibi dan lain-lain, termasuk ulama bermadzhab shafi'iyyah. Ia juga bertemu dengan tokoh-tokoh pembaharu seperti Muhammad Abduh dan Rashid Rida.

Editor : Hikmatul Uyun

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network