Bendera Merah Putih Lusuh Berkibar di Gedung DPRD Sukabumi

Ilham Nugraha
Bendera merah putih dalam kondisi lusuh nampak berkibar di halaman Gedung DPRD Kabupaten Sukabumi, Kamis (24/10/2024). Foto iNews/Ilham Nugraha

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id - Bendera merah putih yang seharusnya menjadi lambang kebanggaan dan kehormatan bangsa tampak dalam kondisi lusuh berkibar di halaman Gedung DPRD Kabupaten Sukabumi, Kamis (24/10/2024).  Kondisi ini mengundang keprihatinan berbagai pihak yang melihat, mengingat bendera adalah simbol negara yang seharusnya dirawat dengan baik. 

Banyak warga dan aktivis lokal menyayangkan hal tersebut, bahkan menyebutnya sebagai yang tidak pantas terjadi di gedung wakil rakyat.

Ketua DPC Ormas Laskar Merah Putih Palabuhanratu, Boris menilai bendera tersebut sudah tidak layak dikibarkan dan harus segera diganti.

"Pikaseudiheun we (menyedihkan), harus segera dicopot diganti baru. Tidak pantas gedung dewan memiliki bendera seperti ini. Masa tidak bisa beli bendera baru? Ini bukan sekedar kucel, tapi sudah dekil," kata Boris saat ditemui di Gedung DPRD Kabupaten Sukabumi, Kamis (24/10/2024).

Boris menambahkan, selain mengganti bendera, dia berharap ada penekanan lebih pada pemahaman wawasan kebangsaan kepada pihak yang bertanggung jawab.

"Harus di-training lagi soal wawasan kebangsaan. Bendera di gedung seperti ini harus dalam kondisi baik, karena ini bukan soal estetika saja, tapi soal kehormatan bangsa," imbuhnya.

Supriadi, seorang warga yang melintas di depan Gedung DPRD, menyatakan keprihatinan serupa. Menurutnya, menjaga kondisi bendera adalah bagian dari menjaga martabat bangsa, terlebih lagi ini terjadi di gedung wakil rakyat.

"Ini bukan sekadar bendera, ini adalah simbol negara. Harusnya selalu dalam kondisi baik dan layak. Bendera segera diganti untuk menjaga marwah simbol negara, apalagi ini di gedung wakil rakyat," tegas Supriadi.

Ketika hendak dikonfirmasi, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali tengah mengikuti rapat paripurna di aula utama DPRD, sehingga belum memberikan tanggapan resmi terkait hal ini. 

Editor : Suriya Mohamad Said

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network