Logo Network
Network

Haji Isam, Pengusaha Batu Bara Sukses Ternyata Pernah Jadi Tukang Ojek

Ratih Ika Wijayanti
.
Selasa, 02 Agustus 2022 | 11:42 WIB
Haji Isam, Pengusaha Batu Bara Sukses Ternyata Pernah Jadi Tukang Ojek
Andi Syamsuddin atau yang lebih dikenal dengan nama Haji Isam, merupakan crazy rich asal Kalimantan Selatan (Kalsel) yang ternyata pernah jadi tukang ojek. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id —Sebelum hidup kaya raya seperti sekarang ini, Haji Isam, ternyata dulunya pernah menjadi tukang ojek. Pengusaha sukses asal Kalimantan Selatan (Kalsel) yang memiliki nama lengkap Andi Syamsuddin Arsyad ini, adalah pengusaha batu bara terkenal di Batu Licin, Kalsel. Menyebut nama Haji Isam identik dengan bisnis batu bara yang digelutinya selama ini.

Seperti apakah sosok haji terkaya di Indonesia ini? Bagaimana profil dan kekayaan Haji Isam? Berikut ini kisah sukses Haji Isam sebagai motivasi dan sumber inspirasi. 

Profil dan Kekayaan Haji Isam, Haji Terkaya di Indonesia

Haji Isam merupakan salah satu pengusaha batu bara yang sukses di Pulau Kalimantan. Namanya mulai menjadi perbincangan setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara langsung menghadiri peresmian pabrik biodiesel baru miliknya senilai Rp2 triliun di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan pada tahun 2021.

Meski dikenal sebagai pengusaha Kalimantan, rupanya Haji Isam sebenarnya bukan asli Kalimantan. Pria yang kini berusia 45 tahun ini merupakan perantau sukses dari Bone, Sulawesi Selatan. Haji Isam juga merupakan keponakan dari Sahbirin Noor yang tak lain merupakan Gubernur Kalsel saat ini.

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.