get app
inews
Aa Read Next : Profil dan Biodata Jennifer Jill, Ibu Mantan Pacar Azizah Salsha yang Nikahi Brondong Beda 17 Tahun

Haji Isam, Pengusaha Batu Bara Sukses Ternyata Pernah Jadi Tukang Ojek

Selasa, 02 Agustus 2022 | 11:42 WIB
header img
Andi Syamsuddin atau yang lebih dikenal dengan nama Haji Isam, merupakan crazy rich asal Kalimantan Selatan (Kalsel) yang ternyata pernah jadi tukang ojek. (Foto: Istimewa)

Total kekayaan Haji Isam diperkirakan sudah berada di angka Rp1 triliun. Dengan kekayaan tersebut tak heran jika Haji Isam memiliki sederet aset mewah seperti rumah, koleksi mobil, dan harta benda lainnya.

Pernah Jadi Tukang Ojek

Sebelum menjadi pengusaha sukses dengan harta melimpah ruah seperti saat ini, Haji Isam rupanya pernah menjajal berbagai profesi. Banyak sumber menyebutkan bahwa semua bisnis yang dijalankannya itu dimulai dari nol. Ia berhasil mengelola perusahaannya secara perlahan. Siapa sangka pengusaha kaya ini dulunya pernah menjadi tukang ojek, buruh muat, sopir angkutan, pekerja perkayuan, bahkan tukang tebang. 

Ia memulai usahanya dari nol hingga akhirnya sukses. Haji Isam memulai bisnis dan terjun di lini bisnis batubara nyaris hanya modal dengkul. Hal ini dimulainya saat ikut di sebuah perusahaan milik seorang pengusaha Batu Bara keturunan Tionghoa - Surabaya.

Pengusaha itulah yang mengenalkannya dengan usaha batu bara. Setelah keluar dari perusahaan tersebut, Haji Isam mencoba usaha sendiri dan mendirikan perusahaan Jhonlin yang akhirnya menggurita.

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut