get app
inews
Aa Read Next : Lempar Anjing ke Buaya di Rawa 4 Pemuda Pekerja Tambang Ini Langsung Diamankan Polisi

3 Buaya Tercepat di Dunia, No 1 Serangannya Menyebabkan Banyak Kematian

Senin, 24 Juli 2023 | 18:06 WIB
header img
Terdapat tiga jenis buaya tercepat di dunia yang dapat disebutkan diantaranya Buaya Nil, Buaya Amerika dan Buaya Air Asin. Ilustrasi Buaya. Foto: freepik.com

JAKARTA, iNewsSukabumi.id - Terdapat tiga jenis buaya tercepat di dunia yang dapat disebutkan. Sebagai makhluk predator, buaya sering digambarkan sebagai perenang handal dan menyeramkan. Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa jenis hewan ini juga mampu berlari. Meskipun biasanya dikenal sebagai hewan air, buaya kadang-kadang menjelajah ke darat, baik untuk bertelur maupun berjemur, dan tetap menjadi predator berbahaya karena memiliki kemampuan berlari. Umumnya, mereka berlari dengan merangkak menggunakan perut atau menggunakan kakinya untuk mendorong diri maju.

Berikut adalah beberapa jenis buaya tercepat di dunia:


1. Buaya Nil

Buaya Nil adalah predator yang sangat agresif. Sebagai penyergap, mereka siap menunggu berjam-jam untuk memburu mangsa. Selain itu, buaya Nil juga dianggap lebih ganas daripada buaya Amerika dan dapat langsung menyerang jika diprovokasi. Dilansir dari berita sebelumnya, buaya Nil bertanggung jawab atas setidaknya 480 serangan terhadap manusia dan menyebabkan kematian bagi 123 orang di Afrika pada periode 2010-2014.

Jenis buaya ini adalah yang tercepat di dunia. Menurut A-Z Animals, kecepatan buaya Nil dapat mencapai 19-22 mph (sekitar 30,5 hingga 35 kilometer per jam).

2. Buaya Amerika

Buaya Amerika atau Crocodylus Acutus merupakan jenis buaya yang banyak ditemukan di daerah neotropis, terutama di Florida Selatan dan pantai Meksiko ke Selatan. Seperti buaya muara, jenis buaya ini juga termasuk yang terbesar. Diperkirakan dapat mencapai panjang 6,1 meter, dengan buaya jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada betina. Menurut A-Z Animals, buaya Amerika juga masuk dalam kategori buaya tercepat di dunia, dengan kecepatan yang mencapai hingga 20 mph (sekitar 32 kilometer per jam).

3. Buaya Air Asin

Buaya Air Asin sering dianggap sebagai jenis buaya terbesar di dunia. Dengan panjang antara 5 hingga 7 meter dan berat 400 hingga 700 kilogram, spesies ini memang memiliki ukuran yang besar. Di Indonesia, buaya Air Asin dikenal juga sebagai buaya muara, yang biasanya hidup di sungai yang berhubungan langsung dengan laut. Jenis buaya ini merupakan predator penyergap yang suka berburu pada malam hari. Tidak seperti buaya biasa, buaya Air Asin memiliki kecepatan yang di atas rata-rata. Meskipun ukurannya relatif besar, buaya ini dapat mencapai kecepatan antara 15 hingga 18 mph (24 hingga 28,9 kilometer per jam).
 

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Berita iNews Sukabumi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut