get app
inews
Aa Read Next : 10 Tempat Wisata Dekat Stasiun Sukabumi: Bisa Ditempuh dengan Jalan Kaki

6 Fakta Menarik Gunung Salak, Misteri Kerajaan Gaib yang Angker hingga Larangan Ucap Kata Ini

Senin, 23 Oktober 2023 | 17:09 WIB
header img
Fakta menarik Gunung Salak, misteri kerajaan gaib Padjajaran yang angker hingga larangannya (Foto: iNews.id)

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id - Fakta menarik Gunung Salak yang menarik untuk dibahas, mulai dari misteri adanya kerajaan gaib yang angker hingga larangan-larangannya.

Gunung Salak merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Barat, setelah Gunung Gede Pangrango. Letaknya berada kkawasan wilayah Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor.

Gunung salak memiliki ketinggian sekitar 2.211 mdpl dan termasuk gunung berapi yang aktif di Indonesia.

Fakta Menarik Gunung Salak

1. Gunung Salak salah satu gunung berapi aktif

Terdapat beberapa kawah aktif seperti Kawah Ratu, Kawah Cikuluwung Putri, dan Kawah Hirup yang merupakan bagian dari Kawah Ratu. Sejak tahun 1600-an, beberapa letusan telah tercatat. Letusan terakhir terjadi pada tahun 1938, sebagai letusan freatik di kawah Cikuluwung Putri. 

2. Letusan pertama Gunung Salak

Letusan pertama gunung salak terjadi sejak abad ke-16, tercatat  beberapa kali letusan Gunung Salak, antara lain  letusan beruntun pada tahun 1668-1699, 1780, 1902-1903 dan 1935 Letusan terakhir terjadi pada tahun 1938, berupa letusan letusan freatik yang terjadi di kawah Cikuluwung Putri. 

Menurut catatan PVMBG, letusan terbesar  terjadi pada tahun 1699 yang merupakan letusan magma yang sangat merusak namun belum diketahui jumlah korban jiwa.

Secara morfologi Gunung Salak mempunyai banyak jurang yang terjal dan dalam. Jadi seluruh  gunung sampai puncaknya tertutup hutan lebat,  tidak mudah untuk melihat garis besar gunung ini. 

3. Banyak Jalur Pendakian 

Salah satu fakta menarik gunung salak yaitu ia memiliki banyak jalur pendakian, yang dimana jalur pendakian yaitu melalui jalur Ajisaka, Jalur Cidahu, Jalur Cimelati, anda bisa juga melewati jalur Pasar Rengit.

Jalur yang terpopuler melalui curug nangka kabupaten bogor yang dimana anda hanya bisa mencapai puncak 2. Jalur lainnya yaitu Anda bisa lewat Cidahu, Sukabumi atau Pasir Reungit  dekat dengan Gunung Bunder, Kabupaten Bogor. Jalur ini yang akan membawa pendaki menuju ke Puncak 1.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut