get app
inews
Aa Read Next : Pantai Ujunggenteng Sukabumi Bertabur Sampah, Warga Kesal Rusak Pos Retribusi

Jalan-jalan ke Sukabumi, Kunjungi Destinasi Wisata Paling Healing Berikut Ini

Jum'at, 08 April 2022 | 08:05 WIB
header img
Jembatan Gantung Situ Gunung, Sukabumi, Jawa Barat. Foto: IG/@relasi19/Okezone.com

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id — Menuju Sukabumi mudah ditempuh melalui akses jalan tol Bogor–Ciawi–Sukabumi atau Jalan Tol Bocimi yang membentang sepanjang 53,6 kilometer, menghubungkan Kota Bogor dan Kabupaten Bogor dengan Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. 

Jalan tol tersebut terkoneksi dengan Jalan Tol Jagorawi di sebelah utara. Jalan Tol Bocimi seterusnya akan bersambung dengan Jalan Tol Sukabumi-Cianjur dan Jalan Tol Cianjur-Padalarang. Saat ini, tol Bocimi menjadi akses utama yang menghubungkan Jakarta dengan Sukabumi via jalan tol sejak tahun 2018.

Berada di daerah Sukabumi, tak lengkap bila kita belum menikmati sejumlah destinasi healing yang menyegarkan dan menyenangkan untuk refreshing dari kepenatan rutinitas. Kami rangkum dari berbagai sumber kawasan wisata menawan di Sukabumi berikut ini;

1.Jembatan Situ Gunung 
Situ Gunung Suspension Bridge berada di Kecamatan Kadudampit, jembatan gantung ini terpanjang di Asia Tenggara. Panjangnya 243 meter dengan lebar 1,2 meter dan berada 107 meter dari dasar tanah. Jembatan ini terbentang di tengah hutan di Taman Wisata Alam Situ Gunun merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

2. Pantai Palabuhanratu 
Berlokasi di Kota Palabuhanratu, pantai ini merupakan tempat wisata paling terkenal di Jawa Barat, bahkan sampai mancanegara. Tak hanya kisah mistis tentang Ratu Pantai Selatan yang populer, namun pesona garis pantainya yang membentang sehingga menjadi kawasan wisata andalan Jawa Barat.

3.Pemandian Air Panas Pelabuhanratu 
Terletak 17 kilometer dari barat daya Kota Pelabuhanratu. Tempat ini terdapat sungai dengan mata air panas dengan letupan vulkanis. Di dekatnya terdapat air terjun dan perkebunan karet.

4.Pantai Karang Hawu 
Berada di Kota Palabuhanratu, lokasinya kira-kira 20 kilometer dari pusat Kota Palabuhanratu. Pantai ini terdapat karang dengan beberapa lubang pada seperti tungku, yang disebut hawu oleh orang setempat. Di pantai ini kita dapat berselancar air, karena ombaknya cukup besar.

5.Goa Lalay 
Masih berada di Kota Pelabuhan Ratu, lokasinya kira-kira 3 kilometer dari pusat Kota Palabuhanratu. Gua ini merupakan rumah dari ribuan kelelawar.

6.Geopark Ciletuh atau Taman Bumi Ciletuh
Kawasan wisata ini masuk dikelilingi 8 kecamatan yang merupakan Geopark Internasional atau Unesco Global Geopark dengan panorama pemandangan hijaunya pegunungan dan pantai.

7.Situs Cungkuk
Situs Tugu Cungkuk Gede berada di Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Situs Cungkuk Gede merupakan Situs Megalitik Terbesar yang pernah ditemukan di Indonesia.

8.Pendakian Gunung Gede atau Gunung Pangrango 
Berada di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango di utara Kota Sukabumi. Di sini kita dapat menemui berbagai jenis ragam tumbuhan serta Bunga Edelweis yang abadi di puncak. 

9.Arung jeram di Sungai Cicatih atau di Sungai Citarik
Berada 30 km sebelah selatan Kota Sukabumi kita rafting wisata air memacu adrenalin sambil menikmati pemandangan alam yang masih sangat asri. Permainan Rafting Citarik ataupun Arung Jeram Citarik ini bersertifikat keselamatan dan dipandu dengan guide yang profesional dan berpengalaman.

10. Situ Batu Karut 
Danau atau Situ Batu Karut terletak di daerah Kampung Batu Karut, Desa Selawi, Kecamatan Sukaraja, Sukabumi, Jawa Barat. Danau ini membelah 2 kampung yakni Kampung Batu Karut yang berada di sisi timur, dan Kampung Pulopanggang di sisi barat. Panorama utamanya hamparan danau yang membentang indah. Situ ini  menjadi sumber air PDAM pemerintah kabupaten/kota Sukabumi.

11. Wisata Pantai Ujung Genteng 
Berlokasi di Desa Gunung Batu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Dari Jakarta untuk menuju destinasi ini kita dapat melalui rute Ciawi-Cicurug-Cibadak-Pelabuhan Ratu-Cikembar-Jampang-Surade-Ujung Genteng. Di sini, kita dapat menikmati sunrise dan sunset yang bikin betah berlama-lama menikmtai panorama indahnya pantai. Ditambah lagi eksotisme batu karang yang memecah debur ombak.
 

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut