get app
inews
Aa Read Next : Sekali Gebrak, 13 Ribu Batang Rokok Ilegal di Kota Sukabumi Disita Bea Cukai

5 Kota Dingin Banget di Indonesia, Betah Liburan di Sini 

Sabtu, 09 April 2022 | 09:39 WIB
header img
Wonosobo, salah satu Kota Terdingin di Indonesia. Foto: Ist/sindonews.com

SUKABUMI, iNewsSukabumi.id — Lima kota di Indonesia ini terdingin, yang akan membuat Anda betah liburan. Kota-kota ini tidak kalah sejuknya dari Yakutsk di Siberia, Rusia yang dinobatkan menjadi kota paling dingin di dunia. 

Sementara itu, udara dingin di kota ini terjadi karena berada di dataran tinggi yang tertutup oleh vegetasi. Namun, pada dasarnya Indonesia merupakan negara beriklim tropis karena dilewati oleh garis khatulistiwa. 

Nah, kota mana aja di Indonesia yang terdingin? Berikut daftarnya seperti kami rangkum dari berbagai sumber, hari ini;  

1. Kota Mulia, Papua 

Kota terdingin di Indonesia pertama adalah Mulia, Papua. Berada di Kabupaten Puncak Jaya dan memiliki ketinggian sekitar 2.448 meter di atas permukaan laut, Kota Mulia dikelilingi oleh Pegunungan Jayawijaya yang terkenal dengan es salju abadinya. Rata-rata suhu di siang hari mencapai 15 derajat Celcius, sementara di malam hari mencapai sembilan derajat Celcius. 

2. Kota Waghete, Papua

Kota terdingin di Indonesia lainnya adalah Waghete, Papua. Berada di Kabupaten Deiyai, kota ini terletak di danau purba yaitu Danau Tigi dan berada di ketinggian 1.300 di atas permukaan laut. Saat siang hari, suhunya bisa mencapai 15 derajat Celcius, dan 10 derajat Celcius saat malam hari. 

3. Kota Batu, Jawa Timur 

Kota terdingin di Indonesia selanjutnya adalah Batu, Jawa Timur. Kondisi topografi yang berbukit-bukit menjadikan kota ini salah satu terdingin di Indonesia dengan suhu mencapai 15-19 derajat Celcius. Di Kota Batu, Anda bisa menikmati apel segar yang dipetik langsung dari kebunnya hingga menikmati liburan dengan konsep bunga dan taman. 

4. Kota Wonosobo, Jawa Tengah

Kota terdingin di Indonesia lainnya adalah Dieng, Wonosobo di Jawa Tengah. Berada di ketinggian sekitar 2.115 di atas permukaan laut, pada 2019 kawasan ini pernah mencapai suhu minus sembilan derajat Celcius sehingga air membeku seperti salju. 

5. Kota Ruteng, Nusa Tenggara Timur 

Kota terdingin di Indonesia terakhir adalah Ruteng, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kota kecil ini berada di dataran tinggi yang mencapai ketinggian 1.200 di atas permukaan laut dengan suhu mencapai 15 derajat Celcius. Selain udaranya yang dingin, Kota Ruteng juga memiliki pemandangan alam eksotis dan asri, dengan arsitektur bangunannya yang menarik.

----------------------------------------------------

Artikel ini telah diterbitkan SINDOnews.com oleh Diana Rafikasari berjudul "5 Kota di Indonesia Terdingin, Sejuk dan Bikin Betah Liburan". Untuk selengkapnya kunjungi: https://lifestyle.sindonews.com/read/737149/156/5-kota-di-indonesia-terdingin-sejuk-dan-bikin-betah-liburan-1649394257?showpage=all

Editor : Eka L. Prasetya

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut